Rabu, 14 Maret 2012

Tutorial 01. “Hello World” dengan GLUT


Tutorial 01. “Hello World” dengan GLUT
Tujuan dari bagian ini adalah untuk membuat OpenGL-based window. Ada banyak cara untuk membuat
dan memperlihatkan suatu window dalam berbagai sistem window. Salah satunya adalah dengan
menggunakan OpenGL  Utility Toolkit. OpenGL UtilityToolkit (GLUT) menyediakan banyak fungsi yang
dapat membuat window dengan cara yang independen terhadap sistem operasinya. Hal ini berarti
program yang dibuat dengan GLUT dapat beroperasi pada sistem windowing yang berbeda tanpa
merubah code secara manual.
GLUT adalah API (Application Programming Interface) dengan binding ANSI C untuk penulisan Sistem
Windows program OpenGL. GLUT adalah buatan Mark J. Killgard, ketika bekerja di Silicon Graphics Inc.
Walaupun dirancang untuk digunakan bersama-sama dengan kode openGL, GLUT dapat digunakan
dengan atau tanpa OpenGL. Toolkit ini mendukung fungsionalitas sebagai berikut:
•  Multiple windows untuk rendering OpenGL.
•  Callback driven event processing.
•  Sophisticated input devices.
•  An “idle” routine and timers.
•  A simple, cascading pop-up menu facility.
•  Utility routines to generate various solid and wire frame objects.
•  Support for bitmap and stroke fonts.
•  Miscellaneous window management functions, including managing overlays.
Walaupun secara fungsional mungkin jauh tertinggal dari multiplatform window system
yang lain seperti Qt, namun kesederhanaan penggunaan serta hubungannya dengan API
grafika komputer OpenGL membuat glut masih banyak digunakan terutama sebagai alat
bantu pendidikan Grafika Komputer.Struktur dari aplikasi berbasis GLUT akan terdiri atas beberapa langkah berikut, yaitu:
•   Menetapkan konfigurasi windows, dan membuka windows
•   Inisialisasi status OpenGL
•   Registrasi callback functions (jika dibutuhkan)
o  Render
o  Resize
o  Input
o  Timer
o  Idle
•   Enter event processing loop.
Gambar 1 mengilustrasikan loop tersebut.int main(int argc, char **argv) {
// init GLUT and create window
// register callbacks
// enter GLUT event processing cycle
}renderScene() diregistrasi oleh  glutDisplayFunc()  sebagai fungsi yang dilaksanakan saat  window
digambar, yang biasanya adalah isi dari gambarnya. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut:
Coba periksa dimensi window seperti koordinat titik tengah, titik kiri atas, titik kiri  bawah, titik kanan
atas dan titik kanan bawah dengan merubah-rubah parameter fungsi glVertex2f().
Diperoleh Koordinat:
-   Titik Tengah ( ___, ___)
- Titik Kiri Atas ( ___, ___), Titik Kiri Bawah ( ___, ___)
-   Titik Kanan Atas ( ___, ___), Titik Kanan Bawah ( ___, ___)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar